TERAPI RADIASI KANKER PROSTAT

Terapi Radiasi - Radioterapi
Metode pengobatan dengan cara terapi radiasi dapat digunakan untuk mengobati kanker prostat tingkat dini. Terapi radiasi disebut juga radioterapi adalah terapi yang menggunakan radiasi yang berasal dari energi radioaktif. Selain bertujuan menghancurkan jaringan kanker, radioterapi kadangkala digunakan untuk pencegahan, dengan menghancurkan genetika sel sehingga sel kanker tidak dapat membelah dan tumbuh kembali. Operasi ini juga digunakan setelah dilakukan pembedahan, di mana radiasi digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa.

Secara umum untuk pengobatan radiasi terbagi dalam beberapa macam radiasi yaitu radiasi eksternal, radiasi internal, serta radiasi sistemik yang mengalir dalam darah seluruh tubuh. Namun, sering kali dokter hanya menggunakan dua macam radiasi yaitu radiasi eksternal dan radiasi internal. Terkadang seorang penderita kanker menerima kombinasi ketiga jenis radiasi ini.

Jenis radioterapi

Radiasi ekternal

Radiasi ekternal bertujuan untuk menghancurkan semua jenis kanker, termasuk kanker prostat. Radiasi ini menggunakan sebuah mesin yang besar di luar tubuh penderita. Perawatan ini biasanya 5 hari seminggu selama beberapa minggu, penderita tidak perlu melakukan rawat inap dan cukup dengan rawat jalan.

Untuk penderita kanker prostat yang sudah menyebar (metastase) terapi ini berfungsi untuk menghilangkan gangguan yang sering dialami penderita kanker dan untuk menghilangkan rasa nyeri.

Radiasi eksternal digunakan sebagai tindakan pencegahan (prophylatic cranial irradiation, PCI) agar sel kanker tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain.

Radiasi internal (Brachytherapy)

Radiasi internal selain digunakan untuk pengobatan kanker prostat sering pula digunakan untuk mengobati kanker kandungan, payudara, leher rahim, thyroid, kanker daerah kepala dan leher.

Radiasi internal disebut juga radiasi implant atau radiasi brachytherapy yang berisi isotop radioaktif iodine, strontium 89, fosfor, palladium, iridium, cesium, fosfat, atau cobalt yang dimasukkan ke dalam jaringan kanker. Implant ini menghasilkan sinar radioaktif, tidak berbahaya dan tidak perlu dilepas. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pada penderita harus menjalani perawatan rawat inap di ruangan tersendiri.

Radiasi sistemik

Penderita yang menjalani terapi radiasi sistemik harus menjalani rawat inap, hal ini dikarenakan pada waktu tertentu cairan yang di suntikkan bersifat radioaktif. Sisa dari radioaktif yang tak terpakai akan keluar dengan sendirinya melalui keringat, air kencing, dan air liur dari dalam tubuh.

Radiasi sistemik digunakan untuk pengobatan kanker thyroid dan non-Hodgkin’s lymphoma. Bahan radioaktif ditelan atau disuntikkan, yang akan mengalir mengikuti aliran darah keseluruh tubuh.

Radioterapi - Efek Samping radioterapi

Perbedaan antara terapi radiasi dengan kemoterapi adalah efek samping yang dihasilakan radioterapi berbeda tergantung pada daerah tubuh yang diterapi. Efek radiasi tidak selalu ada, tetapi ada yang mengalami rasa tidak nyaman, bahkan cukup parah. 

Efek samping yang dirasakan biasanya muncul beberapa hari/minggu sejak terapi dimulai, ada juga baru muncul beberapa bulan atau berapa tahun setelah terapi. Biasanya timbul rasa lemah dan tidak bertenaga, beberapa minggu sejak dimulai radioterapi baru muncul. 

Hal ini bisa disebabkan karena kurang darah, stres, kurang tidur, nyeri, kurang nafsu makan, atau capai karena rutinitas ke rumah sakit setiap hari. Untuk memulihkan sel-sel sehat yang rusak akibat radiasi tubuh membutuhkan banyak energi. Efek ini akan menghilang setelah radiasi dihentikan .

Efek samping lain yang umum terjadi adalah perubahan warna kulit pada daerah terapi. Setelah melakukan beberapa kali terapi kulit akan tampak merah, gosong, kemudian akan menjadi kering dan gatal. Ada juga yang menjadi lembab, basah, iritasi/lecet terutama bagian lipatan tubuh. Efek samping ini akan menghilang beberapa minggu setelah terapi ini dihentikan.

Efek samping internal radiasi dapat menyebabkan inkontinensia. Biasanya akan menghilang dan tidak lama. Artikel sehat prostatku ini didapat dari berbagai sumber dan wikipedia.

Baca juga tentang pengertian prostat dan kanker prostat.

0 Response to "TERAPI RADIASI KANKER PROSTAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel