ORKIEKTOMI

Orkiektomi adalah operasi pengangkatan testis yang dilakukan pada pria. Operasi ini dilakukan untuk pengobatan kanker prostat yang telah menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Metode ini adalah cara pengobatan kanker secara medis selain pengobatan prostatektomi radikal. Dengan kata lain orkiektomi adalah proses pengobatan kanker prostat pada pria dengan cara dikebiri.

Metode orkiektomi dilakukan dengan tujuan untuk menghentikan sebagian besar produksi hormon testosteron, yaitu hormon seks pria, di mana hormon ini yang menyebabkan kanker prostat terus tumbuh dan berkembang sehingga menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sebuah operasi orkiektomi juga dilakukan untuk pengobatan kanker testis selain kanker prostat.

Orkiektomi – Jenis orkiektomi

Berdasarkan jenisnya orkiektomi terbagi dalam tiga jenis, yaitu : simple orkiektomi, subcapsular orkiektomi, dan inguinal atau radikal orkiektomi. Operasi ini dilakukan di bawah anestesi lokal, anesti lokal berarti pasien tidak merasakan sakit, tapi masih bisa merasakan sentuhan. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi ini antara 30 menit sampai dengan 60 menit untuk penyelesaiannya.

Simple orkiektomi

Simple orkiektomi dilakukan sebagai metode pengobatan paliatif untuk mengobati kanker prostat tingkat lanjut. Operasi ini dilakukan dengan cara membuat sayatan di tengah-tengah skrotum dan memotong jaringan di bawahnya. Selanjutnya dokter akan mengambil testis dan bagian dari korda spermatika, kemudian bekas sayatan ditutup dengan jahitan. Dan jika pasien menginginkan penampilan skrotum kelihatan normal seperti semula, maka testis prostetik atau buatan dimasukkan ke skrotum untuk menggantikan testis aslinya.

Subcapsular orkiektomi

Sebuah operasi subcapsular orkiektomi juga dilakukan untuk pengobatan kanker prostat. Metode yang dilakukan operasi ini dengan membuat sayatan di titik tengah skrotum dan memotong jaringan spermatika. Operasi ini sama dengan simple orkiektomi, perbedaannya adalah tidak semua jaringan kelenjar dihilangkan tetapi hanya jaringan kelenjar dari lapisan setiap testis yang dihilangkan. Jadi jenis operasi ini akan menjaga penampilan skrotum tetap normal.

Orkiektomi inguinal

Metode operasi orkiektomi inguinal yang disebut juga dengan orkiektomi radikal, dilakukan untuk pengobatan kanker dimana kanker menyerang testis. Operasi ini hanya mengangkat salah satu testis atau disebut bilateral. Prosedur orkiektomi ini dengan membuat sayatan di daerah pangkal paha dan langsung menuju ke dalam skrotum.

Mengapa jenis operasi ini disebut orkiektomi radikal? 
Karena operasi ini korda spermatika dan testis akan dihilangkan secara keseluruhan oleh dokter bedah. Pengangkatan atau penghapusan ini dilakukan karena kanker sering menyebar dari korda spermatika ke kelenjar getah bening.

Orkiektomi – Efek samping Orkiektomi

Metode pembedahan orkiektomi juga mempunyai efek samping, diantaranya:

1. Ketika testis diangkat maka hormon testosteron pada pria tidak akan diproduksi, sehingga kemampuan pria melakukan ereksi menjadi susah dan gairah seksual menjadi hilang.
2. Risiko yang terjadi akibat dari pengebirian menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis dan patah tulang. Hal ini disebabkan karena adanya dekalsifikasi peningkatan tulang. Oleh sebab itu pasien harus banyak mengkomsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium.
3. Sterility.
4 Hot flashes.
5. Gynecomastia 

Orkiektomi juga dapat digunakan sebagai bentuk hukuman kepada pelaku kejahatan seks. Dengan dilakukan pengebirian maka dorongan seksual mereka dapat dikendalikan, hukuman seperti ini biasanya diterapkan dibeberapa negara bagian Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. 

Sebagian orang yang memiliki dorongan seksual yang tinggi terkadang minta dilakukan pengebirian dengan alasan spritual. Dengan dilakukan orkiektomi mereka mempunyai maksud agar dalam menjalankan agama mempunyai kemurnian spritual.

Jadi, orkiektomi adalah metode pengobatan kanker prostat dengan cara menghilangkan satu atau dua testis pria. Pengobatan ini tidak memerlukan rawat inap yang lama dirumah sakit, sehingga pasien bisa melakukan perawatan dirumah.

Semoga bermanfaat.

1 Response to "ORKIEKTOMI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel