PENGERTIAN PROSTAT DAN KANKER PROSTAT

Apa yang anda ketahui tentang pengertian prostat dan kanker prostat? Termasuk dalam salah satu sistem anatomi di dalam tubuh manusia yang penting, yaitu prostat. Dikarenakan prostat merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia semestinya kita harus bijak merawatnya. Tetapi, sudah tahukah Anda apa yang dimaksud dengan prostat itu sendiri?

Para kaum adam atau pria, seharusnya mereka telah memiliki pemahaman yang benar tentang prostat itu sendiri. Sehingga nantinya diharapkan dengan pemahaman yang mereka miliki bisa melakukan tindakan yang benar dalam menjaga sistem kerja prostat. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan sekali review atau ulasan yang bnar dan tepat tentang prostat.

Apakah Itu Prostat dan Kanker Prostat

Seharusnya Anda waspada jika belakangan ini keinginan untuk buang air kecil atau pipis tidak seperti biasanya. Waspadai meningkatnya intensitas atau sering buang air kecil terutama di malam hari, kurang kencangnya pancaran air seni, dan buang air kecil agak susah. Bila ini terjadi, mungkin saja anda menyalahkan kantung kemih, tetapi mungkin saja masalah yang terjadi adalah pada prostat anda.

Prostat adalah sebuah kelenjar (aksesori) kelamin/seksual yang hanya terdapat pada pria, ukurannya hanya sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan dari kandung kemih. Fungsi prostat memproduksi sperma/mani dan mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Letak Prostat berada dibagian bawah kantung kemih yang juga disisi kanan dan kiri ureta. Prostat biasanya berfungsi baik hingga kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya sampai usia  40 atau 50 tahun, walaupun ada pula yang mendapatkan masalah pada saat berusia 30 tahun.

Dengan bertambahnya usia, prostat menjadi lebih mudah terkena infeksi dan terkena penyakit lain termasuk tumor atau kanker. Pembengkakan pada prostat sering membuat tidak nyaman dan menganggu proses buang air kecil, sehingga prostat menjadi kelenjar yang menyiksa dan pembawa derita. Seumur hidup masalah prostat akan selalu dialami oleh para pria.

Beberapa masalah yang paling umum mengenai prostat.

BPH: 

Pada pria lanjut usia atau pria yang mendekati usia 45 tahun, mungkin sering dijumpai terjadi pembesaran pada prostatnya. Masalah prostat yang paling umum terjadi adalah pembesaran prostat mencapai seukuran buah jeruk, akibatnya aliran kemih yang melalui uretra tertekan sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat. Pada kondisi ini disebut Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).

Pembesaran atau pembengkakan prostat, sebagian dokter berpendapat bahwa kecenderungan pembengkakan kelenjar ini mungkin saja berhubungan dengan hormon pria testosteron.

BPH dapat berkembang menjadi kanker prostat. Gejala yang dirasakan antara lain adalah meningkatnya intensitas/sering buang air kecil terutama di malam hari, melemahnya pancaran air seni, darah dalam air kemih, sulit buang air kecil, dan meskipun anda telah melakukan hajat kecil tetapi perasaan bahwa air seni di dalam kandung kemih belum benar-benar habis (anyang-anyang).
 
Prostatitis (Radang prostat): 

Bagaimana dengan  Anda yang baru berusia 35 tahun tetapi telah mengalami masalah ketidaknyamanan atau sering buang air kecil? Kemungkinan Anda mengalami infeksi pada prostat yang disebabkan oleh bakteri, penyakit ini disebut Bacterial Prostatitis.

Bacterial prostatitis menyerang pria semua umur, dan infeksi ini biasanya menyebar dalam kandung kemih atau uretra. Namun dalam banyak kasus, penyebab peradangan ini tidak terdeteksi bagaimana infeksi ini masuk ke saluran kemih. Ada dugaan bahwa pembendungan pada uretra atau seks anal tanpa memakai alat pengaman menjadi faktor meningkatnya risikonya. 

Gejala lain yang terjadi diantaranya demam, rasa tidak nyaman pada testis, dan nyeri perut atau punggung bagian bawah. Infeksi ini bisa menjadi kronis atau akut jika prostat terlalu membengkak sehingga penderita tidak dapat buang air kecil lagi.
 
Tumor atau kanker Prostat: 

Tumor atau kanker ganas juga dapat menyerang prostat. Umumnya, kanker prostat menyerang kalangan pria di atas 50 tahun dan merupakan pembunuh kedua di Amerika Serikat yang menyerang para pria, kanker prostat jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun, kecuali ada faktor genetika di keluarga Anda yang pernah mengalaminya. Kanker prostat biasanya dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak dini dan terdeteksi dalam pemeriksaan kesehatan yang rutin.

Ironisnya, kanker ini tumbuh diam-diam dalam kelenjar prostat bahkan sewaktu gejala-gejalanya tidak Anda rasakan. Ketika kanker telah menyebar sampai ke tulang dan ke organ tubuh yang lain, akan menimbulkan gejala neurologis, nyeri punggung, serta pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu bagi pria usia 50 tahun penting sekali menjalani uji rektal digital kemungkinan ditemukan benjolan atau pembesaran pada prostat, dan prostate-specific antigen blood test, untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada kanker.

Apabila Anda ingin isttri atau putri memiliki wajah dan kulit yang bersih, putih dan berseri gunakan cream kecantikan wajah yaitu Cream Qweena

8 Responses to "PENGERTIAN PROSTAT DAN KANKER PROSTAT"

  1. wah kita perlu waspada terhadap kesehatan prostat kita, dan harus selalu melakukan perawatan terhadap prostat agar terhindar dari kanker prostat.

    ReplyDelete

  2. Artikel yang sangat bermanfaatat sekali :)
    kunjungi http://www.alkindiherbal.com/statis-6-bromekine
    http://www.alkindishop.com

    ReplyDelete
  3. ide yang sangat baik telah telah anda bagikan disini, dari sini saya bisa mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga. segala sesuatu yang ada di sini saya akan membuat sumber referensi, terima kasih teman-teman.

    Vimax Asli

    ReplyDelete
  4. terimakasih informasinya, lengkap dan membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Kok blm ada penjelasannya cara merawatnya.

    ReplyDelete
  6. Cara merawatnya ada disini om eddy, http://sehatprostatku.blogspot.com/2015/07/merawat-prostat-secara-alami.html

    ReplyDelete
  7. wa terimakasih atasi informasinya, sangat menarik sekali....

    ReplyDelete
  8. Artikel ini sebagai pencerahan agar kaum pria lebih aware terhadap ancaman prostat.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel