KANKER PROSTAT & GEJALA UTAMA KANKER PROSTAT

kanker prostat
Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang paling mengerikan dan menakutkan yang menyerang kaum pria. Jika organ ini diserang kanker prostat, maka kejantanan dan keperkasaan kaum pria akan sirna. Kelenjar prostat adalah bagian alat reproduksi terpenting dari  pria,  organ  yang diserang kanker prostat adalah bagian ini. 

Dengan bertambahnya umur seorang pria, maka kelenjar prostat akan mengalami pembesaran. Pembesaran pada kelenjar prostat biasanya akan mengakibatkan pembengkakan, tetapi terkadang tidak selalu terjadi pembengkakan. Pembengkakan ini akan membuat tidak nyaman dan proses buang air kecil menjadi terganggu. Pada usia 45 tahun ke atas, prostat akan lebih mudah terinfeksi dan terkena penyakit termasuk kanker prostat.

Di Amerika Serikat, kanker prostat merupakan penyakit kanker yang lebih sering di diagnosa dan menjadi penyebab utama kedua yang mengakibatkan kematian pada pria. Dan di Eropa kanker prostat menjadi penyakit yang mengakibatkan kematian utama diantara penyakit kanker yang diderita pria. 

Tetapi, di Asia Timur dan Asia Selatan penyakit prostat jarang sekali dijumpai. Dan menurut American Cancer Society, pria Asia dan yang berkulit putih paling jarang yang terkena penyakit kanker prostat, justru dan paling sering terjadi kanker prostat menyerang pria berkulit hitam. 

 

Kanker Prostat – Awal Kanker Prostat 


Kanker prostat berawal ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang tanpa kendali. Sel-sel ini dapat menyebar (metastasis) dari prostat ke bagian tubuh yang lain, terutama tulang. Sel-sel kanker menyebar dengan cara membelah dari kanker primer dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik. 

Di sekitar kelenjar getah bening kanker sering ditemukan ketika kanker menyebar prostat. Kemungkinan, jika kanker telah mencapai node ini kanker juga menyebar ke kelenjar getah bening lainnya, tulang, atau organ yang lain.

 Kanker Prostat – Gejala Utama Kanker Prostat 


Berikut ini adalah ulasan untuk mempermudah Anda dalam mengenali gejala-gejala kanker prostat dan cara pencegahan.

•Susah berkemih 

Gejala yang diakibatkan pembesaran kelenjar prostat di sekitar saluran kemih dan mengganggu proses berkemih karena ada kanker di dalamnya. Gejala ini berupa perasaan ingin berkemih namun tidak keluar, perasaan ingin berkemih lagi, sering ke toilet karena saat berkemih hanya keluar sedikit, atau saat berkemih berhenti. 

 

•Berkemih terasa nyeri 

Gejala nyeri saat berkemih bisa saja gejala infeksi prostat atau yang disebut prostatitis, bisa juga disebabkan adanya kanker prostat yang menekan saluran kemih. 

•Berkemih keluar darah 

 Pada saat berkemih mengeluarkan darah, mungkin saja hanya sedikit, warnanya hanya merah muda, atau warnanya samar-samar. Walaupun gejala seperti ini jarang sekali terjadi, segeralah periksa ke dokter dan jangan diabaikan gejala seperti ini. 

 

•Disfungsi ereksi 

Kanker prostat bisa menyebabkan aliran darah ke penis terhalang sehingga susah ereksi, gejala disfungsi ereksi termasuk yang paling masuk akal, karena kelenjar prostat adalah organ seksual, seharusnya aliran darah ke penis meningkat saat terjadi ereksi.

 

•Panggul, paha atau punggung terasa nyeri 

Kanker prostat yang telah menyebar di bagian punggung bawah, pinggul dan panggul menimbulkan nyeri di bagian ini kemungkinan merupakan tanda adanya kanker. 

 

•Berkemih di malam hari terlalu sering 

Segera periksa ke dokter jika sering terbangun di tengah malam lebih dari sekali hanya untuk berkemih. 

 

•Urin tidak kencang atau menetes 

Ketika berkemih pancaran urin tidak kuat, atau ketika tidak dapat menahan urin hingga perlahan keluar dan menetes. Gejala ini hampir sama dengan inkontinensia urin (mengompol). 

Dapat disimpulkan, jika salah satu dari atau beberapa dari gejala-gejala kanker prostat Anda rasakan, langkah yang tepat agar tidak terkena kanker prostat adalah segera periksa dan konsultasi dengan dokter Anda. 

Dianjurkan para pria untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui lebih awal adanya kanker prostat setahun sekali secara teratur. Pemeriksaan itu berupa: 

•Pemeriksaan fisik: Digital Rectal Examination (DRE) atau pemeriksaan colok dubur. 
•Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) kelenjar prostat. 
•Pemeriksaan kadar PSA (Prostat Spesific Antigen) dalam darah. 

 Karena belum diketahui secara pasti penyebab kanker prostat ini, maka seorang pria harus mewaspadai beberapa faktor penyebab kanker prostat, antara lain: 

1.Usia di atas 50 tahun 
2.Obesitas
3.Perokok 
4.Mengkonsumsi alkohol 
5.Riwayat medis keluarga penderita kanker prostat 
6.Kurangnya olahraga.

Kanker Prostat – Pencegahan Kanker Prostat 


Dengan memiliki pola hidup yang sehat kanker prostat dapat di cegah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker prostat, antara lain: 

Hindari atau kurangi rokok dan alkohol, kurangi makanan yang banyak mengandung lemak, rajin dan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung anti oksidan dan omega-3. 

Menurut pengamatan para dokter, pria yang bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat, oleh karena itu lakukan dan rajin olahraga. 

Bagi pria yang mempunyai riwayat medis dan memiliki faktor risiko yang tinggi terkena kanker prostat, maka langkah selanjutnya dengan melakukan pemeriksaan medis yang teratur minimal satu tahun sekali untuk mencegah terkena kanker prostat.

0 Response to "KANKER PROSTAT & GEJALA UTAMA KANKER PROSTAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel