MAKANAN BERSERAT PENGHAMBAT KANKER PROSTAT

makanan berserat penghambat kanker prostat
Makanan berserat penghambat kanker prostat adalah salah satu cara mencegah semakin berkembangnya kanker prostat. Makanan tersebut dianjurkan untuk pria yang sudah dinyatakan terserang kanker melalui diagnosa kanker prostat. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan oleh lembaga penelitian, menyebutkan bahwa makanan yang banyak kandungan akan serat dapat membantu mencegah timbulnya kanker prostat, yaitu dengan cara menghambat pertumbuhan tumor. Lebih lanjut para peneliti dari University of Colorado Cancer Centre, bahwa kanker prostat yang masih tahap stadium awal perkembangan kanker prostat dapat dikendalikan dengan cara mengkonsumsi makanan berserat penghambat kanker prostat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian seperti gandum. Dengan demikian pengobatan kanker prostat dalam tahap awal mudah untuk di obati.


Para peneliti ini melakukan riset menggunakan tikus sebagai alat percobaan dengan membagi dua kelompok. Komponen utama dari diet serat tinggi  inositol hexaphosphate (IP6) diberikan pada tikus kelompok pertama, sedang tikus kelompok kedua diberi makan yang tidak mengandung serat IP6. Langkah selanjutnya kedua kelompok tikus tersebut dilakukan scanning untuk mengetahui perkembangan kanker pada tikus.


Hasil percobaan memperlihatkan, bahwa efek dari IP6 yang bersifat anti-angiogenik terbukti menurunkan volume tumor terhadap perkembangan pembuluh darah. Peneliti dari University of Colorado Cancer Centre menerangkan, fungsi IP6 adalah mencegah terciptanya pembuluh darah yang baru, pembuluh darah inilah yang mengakibatkan tumor dapat berkembang dengan baik. Proses metabolisme glukosa dalam sel-sel kanker dapat dikurangi oleh serat tinggi IP6, mekanismenya adalah IP6 mengurangi jumlah protein Glut-4 yang berfungsi untuk mengangkut glukosa.

Perbedaan pola makan antara orang Asia dengan orang Amerika dan Eropa sangat berbeda. Kegemaran orang Asia yang suka makan makanan berserat dibanding dengan orang Amerika dan Eropa, salah satu faktor pemicu terjadinya kanker prostat. Selain risiko faktor genetika, ternyata makanan termasuk sumber penyakit. Pola makan yang salah dan tidak sehat merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kanker prostat pada pria.  Untuk mencegah berkembangnya kanker prostat, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. 

Untuk mengurangi risiko terserang kanker prostat, para pria disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat yang baik. Berdasarkan hasil studi lain dari University of California San Fransico, menganjurkan untuk mengkonsumsi minimal 28 porsi sampai dengan 38 porsi sayuran perminggu.

Makanan Berserat Penghambat Kanker Prostat


Seperti di kutip dari Askmen, berikut ini beberapa jenis makanan berserat tinggi yang mampu mencegah pertumbuhan dan mencegah kanker prostat. 

1. Tomat
Dari sekian banyak buah, tomat salah satunya adalah buah yang banyak sekali kandungan likopen. Likopen adalah pigmen yang memberi warna merah pada buah tomat yang termasuk pigmen golongan karotenoid. Likopen juga mempunyai efek antioksidan, adalah makanan yang mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker.  Aliran pembuluh darah pada alat reproduksi pria dapat meningkat dikarenakan buah tomat yang dikonsumsi pria, hal tersebut seperti dilansir sebuah studi pada tahun 2007.

2. Brokoli
Brokoli dapat dimakan dalam keadaan mentah atau setengah matang supaya zat aktif yang terkandung pada brokoli tersebut tidak banyak yang hilang. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan senyawa aktif yang ada pada brokoli  adalah Sulforaphane. Dan menurut para peneliti, senyawa yang terbaik dan yang pernah diketemukan untuk membunuh sel-sel kanker termasuk kanker prostat adalah senyawa Sulforaphane. Sehingga dengan mengkonsumsi brokoli dapat mencegah pembentukan sel-sel kanker pada bagian kelenjar prostat.

3. Kedelai
Untuk pria mulai hari ini perbanyak makan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti susu kedelai, tempe, tahu yang asli indonesia. Karena kedelai diketahui sebagai makanan yang mempunyai antioksidan tinggi. Antioksidan yang terkandung pada kedelai adalah Geneistein, Daidzein, dan Glycitein. Semua kandungan antioksidan tersebut termasuk dalam satu golongan yang disebut Isoflavon. Jadi, semua makanan yang berasal dari kedelai selain menyehatkan, juga  melawan sel-sel yang dapat berubah menjadi kanker.

4. Rami (Flax)
Senyawa antioksidan selain dari ketiga makanan tersebut diatas, juga didapat dari sejenis tumbuhan yaitu Rami. Dalam bahasa lain, Rami adalah Boehmeria nivea termasuk tumbuhan yang digunakan untuk bahan pembuatan kain linen. Selain sebagai bahan pembuatan kain, rami juga ditemukan pada sereal berbentuk biji-bijian dan tepung. Tidak banyak yang melakukan penelitian terhadap tumbuhan rami, padahal rami banyak mengandung omega 3 dan lignan. Kandungan  omega 3 dan lignan juga termasuk senyawa antioksidan.

Dari hasil studi-studi yang lain ternyata selain gandum, beberapa jenis sayuran yang lain seperti kembang kol, kubis, kale, kecambah, dan bok choy telah membuktikan memiliki peran dalam mencegah risiko kanker prostat. Jadi, jika anda ingin selalu sehat konsumsi makanan berserat penghambat kanker prostat tersebut dan lakukan olahraga.

Demikian beberapa macam makanan yang mampu mencegah ataupun menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "MAKANAN BERSERAT PENGHAMBAT KANKER PROSTAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel